Minggu, 27 Januari 2013

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa UNIMUS di Tegal

        Tanggal 20 Januari 2013, rombongan mahasiswa UNIMUS yang terdiri dari jurusan S1 sastra Inggris, S1 Teknik Mesin dan S1 Teknik Elektro mulai berangkat menuju ke Tegal untuk melaksanakan KKN vokasi (pemberdayaan masyarakat). Mereka berangkat dari kampus utama (kampus rektorat UNIMUS, jalan kedungmundu raya no. 18 Semarang) sekitar jam 16.00 sore dengan naik bus kampus. Rombongan tersebut sejumlah 19 orang yang terdiri dari 4 mahasiswa S1 sastra Inggris, 12 mahasiswa S1 Teknik Mesin, 2 mahasiswa Teknik Elektro dan 1 mahasiswa S1 Statistik yang semuanya merupakan mahasiswa semester 7 di kampus UNIMUS. Dan KKN ini sendiri akan berlangsung selama kurang lebih 21 hari mulai tanggal 21 Januari 2013 sampai 8 Februari 2013. 
         Dari 19 mahasiswa yang KKN di tegal, mereka dibagi dua kelompok, yaitu 9 mahasiswa KKN di desa Kertasari, kecamatan Surodadi kabupaten Tegal. Dan 10 mahasiswa KKN di desa Adiwerna, kecamatan Adiwerna kabupaten Tegal. Untuk daerah kertasari, di sana sumber daya alam yang akan diberdayakan oleh para mahasiswa adalah sayur-sayuran kususnya Terong. Karena memang di sana merupakan daerah yang kaya akan sayur-sayuran yang bisa dimanfaatkan oleh warga dengan bantuan para mahasiswa dan dosen pendamping menjadi produk baru yang inovatif. Sementara untuk daerah yang Adiwerna, merupakan daerah pengahasil tahu terbesar di Tegal. Namun, bukan tahu yang menjadi objek penelitian dan pemberdayaan oleh para mahasiswa. Melainkan ampas dari tahu tersebut yang akan dikreasi oleh para mahasiswa yang didampingi dosen pendamping dan warga Adiwerna menjadi produk baru yang kreatif dan bernilai jual tinggi. Karena produk ini nantinya akan segera dipasarkan setelah para warga peserta KKN UNIMUS selesai mengerjakannya. Perlu diketahui pula, bahwa ampas tahu di daerah sini sebelumnya hanya dihargai dengan harga yang sangat murah, yaitu Rp 200 – Rp 400 / kg. dan itu digunakan untuk makanan hewan. Padahal jika kita mau meneliti dan menganalisa kandungan yang terdapat pada ampas tahu itu sendiri, masih cukup gizi yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Jadi sangat mubadzir jika ampas tahu yang bergizi hanya dijual dengan harga rendah. 

         Jadi, grand goal dari KKN tahun ini adalah agar para warga di tempat yang telah dikunjungi dapat memiliki keterampilan baik keterampilan memproduksi barang yang inovatif maupun keterampilan dalam memasarkan produk-produk tersebut sehingga mempunyai harga jual yang tinggi dan secara otomatis dapat meningkatkan perekonomian di daerah tersebut. 

          Kemudian di hari pembukaan KKN Vokasi dilakukan di Balai Desa Adiwerna. Pembukaan diikuti oleh peserta pelatihan sebanyak 30 orang, yang semuanya adalah ibu-ibu PKK desa Adiwerna. Pembukaan  juga dihadiri oleh ormas perempuan yaitu ‘Aisyiyah kabupaten Tegal, PCA Adiwerna. Rangkaian kegiatan pembukaan KKN Desa Vokasi adalah:
1. Pembukaan oleh Gayuh Herlambang
2. Pembacaan ayat Suci Al Qur’an oleh saudara Samsu Maarif.
3. Sambutan-sambutan
  • Sambutan oleh ketua kelompok KKN saudara Ainur Ridlo
  • Sambutan oleh Ketua TIM KKN desa Vokasi, oleh ibu Eny Winaryati.
  • Sambutan sekaligus  membuka dimulainya KKN Desa Vokasi oleh bapak kepala desa Adiwerna yaitau Bapak Heru Himawan, SE.
4. Penutup.

0 komentar:

Posting Komentar