Minggu, 03 Februari 2013

Lomba Ampas Tahu, Mengesankan!

Hari Keempat Belas, Minggu, 3 Februari 2013 :

Hari minggu, hari libur, itu tidak berlaku bagi para mahasiswa KKN Vokasi UNIMUS 2013. Mereka tetap mengisi hari minggu dengan beberapa kegiatan pemanfaatan ampas tahu menjadi beberapa makanan alternatif. Bahkan pada hari ini mereka memulai kegiatan mulai jam 05. 15 pagi setelah solat subuh sampai jam 22.00 malam. sungguh pemuda-pemuda yang menakjubkan.
Setelah solat subuh berjamaah di posko KKN, mereka langsung bergegas ke panti asuhan Hj. Zaenab Masrukhi untuk mengikuti pengajian rutin ahad pagi. Setelah dari sana mereka pulang ke posko untuk mempersiapkan diri mendampingi ibu-ibu yang praktek mandiri dan lomba pemanfaatan ampas tahu menjadi beberapa makanan alternatif. Hari ini ibu-ibu benar-benar harus mandiri dalam memasak ampas tahu7 tanpa bantuan mahasiswa. Para mahasiswa hanya mengawasi dan memberi pengarahan yang seperlunya saja tidak seperti pada pertemuan-pertemuan sebelumnya. Di mana mereka yang lebih aktif memasak ampas tahu dan ibu-ibu yang memperhatikan. Kali ini para ibu kelompok 1 memasak dodol dan selai (menu lomba kali ini yang harus dimasak oleh semua kelompok) di rumah ibu Siti Rochani. 

Para ibu di sini lumayan kreatif dalam memasak ampas tahu terutama saat memasak dodol. Mereka berinisiatif untuk memberi daun pandan pada adonan dodol. Yang secara otomatis ini akan memberi aroma yang sedap terhadap dodol tersebut. Tidak kalah dengan dodol, pada pembuatan selai, para ibu juga memberi campuran buah asli, yaitu nanas untuk memperkuat rasa dan warna dari nanas itu sendiri walaupun nantinya tetap diberi essen sedikit untuk memperkuat rasa dan warnanya. setelah kedua makanan itu jadi, mereka juga mengemasnya dengan tampilan yang cukup menarik serta memberi nama produknya juga. Dari proses sampai pengemasan ini, nantinya akan diberi nilai oleh para mahasiswa KKN dan bagi para pemenang dari tiga kelompok ibu-ibu akan mendapat hadiah.

Kemudian pada sore harinya tepat sekitar jam 18.30, para mahasiswa langsung ke daerah Pesalakan tepatnya di rumah pak Sami'un untuk mendampingi ibu-ibu di sana membuat selai dan dodol. Di tempat tersebut terkenal dengan semangat dan antusisa para ibu nya yang luar biasa. Ini dibuktikan dengan jumlah peserta yang selalu stabil dan lumayan banyak dibanding dari kelompok lain dari awal pertemuan sampai hari ini. Di sini para ibu juga tidak mau kalah dari kelompok 1, mereka dengan semangat memasak dodol dan selai yang semuanya berbahan dasar ampas tahu. Setelah kedua makanan tersebut jadi, mereka juga mengemasnya dengan tampilan yang cukup menarik juga baik kemasan dari dodol maupun selai. Bahkan di sini, para mahasiswa dijamu bakso dan beberapa cemilan berbahan tahu. 

Dan untuk kelompok dua sendiri baru akan memulai praktek lomba mereka pada hari Selasa pagi jam 09.00. Di mana mereka juga akan memasak dodol dan selai yang kemudian akan dikemas dan diberi label sekreatif mungkin sehingga akan mendapat penilaian yang maksimal dari para juri, yaitu para mahasiswa KKN Vokasi UNIMUS.

0 komentar:

Posting Komentar